Katanya soal matematika kelas 7 SMP

soal matematika smp

Nemu di Twitter, tepatnya dari akun @wiworomath, dia mengatakan itu adalah latihan di buku matematika kelas 7 SMP kurikulum 2013 dari Kemendikbud. Saya cuman geleng-geleng melihatnya sedangkan Prof Hendra Gunawan ( @hgunawan82 ), Guru besar Matematika ITB  berkomentar

Farah! Kasihan bangsa ini!

Soal-soal tersebut bobotnya sama dengan soal olimpiade matematika. Saya belum mencoba mengerjakannya sich tapi kayaknya saya sendiri belum tentu bisa.

Jika benar latihan tersebut berasal dari buku matematika kelas 7 SMP terbitan Kemendikbud maka ada 2 pertanyaan yang ingin saya tanyakan ke Kemendikbud:

  1. Apakah bijak memberikan soal-soal matematika serumit itu kepada semua siswa kelas 7 SMP di negeri ini?
  2. Apa semua guru matematika SMP sudah siap, sudah capable mengajarkan soal serumit itu?

About Nursatria

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Pendidikan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Katanya soal matematika kelas 7 SMP

  1. Rahma Larasati says:

    Iya, aku juga bingung jawabnya. aku pake kurikulum 2013 juga. trus ada soal gini

    “dua bilangan berselisih 25. jika 2 kali bilangan yang besar dikurangi yang kecil adalah 175, tentukanlah bilangan itu!”

    Tolong bantu jawabnya yah… ini tentang persamaan linear 1 variabel

    • sarah says:

      Bukannya mudah ya?
      a-b =25 … (1)
      2a-b=175 … (2)
      Jika a = 25+b (dr persm 1), maka disubstitusi ke persm 2 menjd
      2(25+b) – b =175
      50 +b = 175
      maka b = 125.
      shg diperoleh a = 150.

  2. Salam, informasi yang sangat bermanfaat, salam.
    Saat ini kami juga menyediakan buku-buku Kurikulum 2013 untuk SD, SMP dan SMA,
    kunjungi bukupelajarankurikulum2013.blogspot.com. Hub. P Heri di 081227992609

  3. Dandy Susanto says:

    kurikulum 2013 sangat minim kajian yang implementasinya sangat tidak tepat sasaran banyak para pendidik dibuatnya apalagi anak didiknya, ditambah kualitas dan daya serap anak didik ditiap tiap daerah tidak sama yang disebabkan fasilitas dan kemampuan yang berbeda beda. bagaimana mungkin kurikulum 2013 dapat diterapkan dengan baik? RSBI saja gagal dilaksanakan. sekarang ditambah dengan kurikulum 2013 yang tidak matang dipersiapkan. menteri pendidikan harus bertanggung jawab terhadap pelaksanaannya.

  4. syaiful says:

    memang benar soal tersebut ada dibuku paket SMP kelas 7 kurikulum 2013. sebab sya ngajari les privat dan anak didik saya bertanya soal itu. jujur, sya tidak semua bisa. memang soal tersebut standart olympiade mnurut saya.

  5. hyuga says:

    saya guru private yang terjebak sama beberapa murid yang terkena kurikulum 2013, mau smp atau sma, ternyata setelah saya bandingkan, matematika bs yg SMP dan bse yang SMA, soal matematika nya banyak yang sama. kacau emang…

    saya jujur mendapatkan kesulitan ketika menerangkan soal2 standar olimpiade san perkuliana pada anak murid yang kemampuan logika nya belum terbentuk, sangat sulit, dan itu dilema saya ketika si murid mempertanyakan kenapa hasil jawaban dgn guru di sekolah berbeda, padahal saya sendiri tau guru matematika di sekolah tidak pernah kasih jalannya, hanya isinya saja (mungkin guru sekolah dikasih jawabannya saja, tanpa jalannya). pdhal jawaban yang saya kasih itu lewat jalan yg lengkap. semua menghasilkan kebuntuan yg luar biasa.

    baru 2 bulan mengajar kurikulum ini, membuat smua nya terasa kaca dgn standar kemampuan siswa, siswa pun merasa stress.

  6. wijanarko says:

    Ya Jelas tidak manusiawilah, he…he… , apalagi sekolah didesa, yang kebanyakan siswanya ga gisa operasi hitung dasar ya kan?

  7. diva says:

    saya kelas 7 smp skarang.. skolah saya jg menggunakan kurikukum 2013, dan soal itu memang ada di buku MTK saya..

  8. lala says:

    aku ga bisa ngerjainny,, dibuku matematika adikq ada soal sama seperti itu

  9. vinanry says:

    Gila benar ini.
    kalo soal2 smp kayak beginian semua (kategori perkuliahan) atau termasuk standart olimpiade ?
    buat apa susah2 kuliah ?
    hahhaah

  10. Pingback: Ternyata memang benar soal matematika kelas 7 SMP | Proof { }

  11. Andreas BKH says:

    kurikulum 2013 emang gileee -_-
    kunjungan balik ditunggu gan 😀

  12. lebih payah dari OSN sma

  13. ulfa salma says:

    kalo gtu mulai dari sekarang anak smp harus diajarin kalkulus, anreal sama fungsi kompleks…
    hebat..
    saya aj baru dapet semester 3 waktu kuliah…
    salut..

  14. jokam354 says:

    (jika memang itu benar) wah. wah..DAsyat anak KElas 7 kurikulum 2013
    saya saja baru dapat soal-soal seperti itu wktu kuliah ini..

  15. andrias says:

    ini kayaknya buku soal-soal olimpiade, bukan buku pelajaran sekolah.. coba pastikan dulu

  16. Aria Turns says:

    @Waw and @Rismato: Itu katanya bukua matematika kelas 7 smp Kurikulum 2013, kurikulum yang terbaru. Saya tidak tahu materi math untuk kelas 7 smp di kur 2013 sepreti apa, kayak gimana. Tapi saya melihat soal diatas terlalau rumit untuk kelas 7 smp, apakah materi math kelas 7 smp emang serumit itu? Sekali lagi saya tidak tahu

  17. Waw says:

    Buktikan akar 7 bukan bilangan rasional? SMP sekarang udah diajarin reductio ad absurdum ya?

  18. Rismanto says:

    Uji Kompetensi ini kalau tidak salah adalah soal/materi pengayaan.
    Soal latihan yang sesuai dengan materi ada di halaman sebelumnya…
    CMIIW

Silahkan, tinggalkan komentar