4 mitos jurusan matematika

math03

Jurusan Matematika bukan lah pilihan populer bagi para lulusan SMA untuk melanjutkan studinya dibanding jurusan kedokteran atau teknik. Mungkin ini disebabkan masih adanya mitos dan distorsi informasi terhadap Jurusan ini. Kali ini saya mau menuliskan 4 mitos terbesar di Jurusan Matematika

1. Hanya Menjadi Guru atau Dosen

Banyak orang yang beranggapan lulusan jurusan Matematika hanya menjadi guru atau dosen. Ya memang ada beberapa temen saya ketika lulus memilih untuk menjadi guru atau dosen. Itu pilihan mereka lho, tidak semua lulusan Matematika menjadi Guru atau dosen. Ada banyak temen saya yang bekerja di Bank sebagai Kredit Analisis atau analisis Resiko. Makin kesini makin banyak perusahan Finansial yang memperkerjakan para matematikawan karena jelas kemampuan kami mengenalisa angka-angka jauh diatas lulusan jurusan lain bahkan lulusan ekonomi sekalipun. Saya kenal salah satu Alumnus Matematika UGM yang bekerja di BMW pusat di Jerman., keren kan 🙂 . Asal kalian tahu di amrik sono, Lulusan Matematika adalah lulusan yang paling mudah mendapat keja di banding lulusan lain. Salah satu Pendiri Google, Sergey Brin seorang matemakawan lho. Untuk mengetahui mengenai karir dalam Matematika, silahkan klik disini. Di situ para Matematikawan berbicara sendiri berbicara sendiri mengenai prospek jurusan  Matematika di Indonseia. Jadi Salah besar kalau lulusan Matematika hanya menjadi Guru atau dosen, Matematikawan bisa menjadi apapun dari Guru sampai pendiri Google.

2. Susah

Err…mungkin kalo ini ada benernya juga. Tapi sebenarnya masalah susah atau mudah relatif tergantung kamu suka atau tidak. Jika kamu mameng tidak suka matematika lalu masuk Jurusan Matematika tentu kamu akan menderita. Jika kamu suka matematika, teka-teki, problem solving, kamu pasti akan suka Kuliah di Matematika. Sebenernya yang namanya kuliah, yang namanya memuntut ilmu tidak ada yang ringan, butuh perjuangan tapi asalkan kita menikmatinya InsyaALLAH akan terasa mudah.

3.  Hanya belajar berhitung doang

Inilah salah kaprah terbesar mengenai matematika yang dipahami banyak orang. Inti dari matematika adalah pembuktian. Di Matematika saya belajar untuk membuktikan suatu persamaan, suatu teorema apa benar atau salah. Saya belajar membagun suatu teorema, suatu persamaan, suatu rumus dari asumsi-asumsi yang telah diketahui. saya belajar untuk berpikir logis-matematis dan memecahkan masalah secara logis-matematis pula. Itu lah yang akan kamu dapet jika kuliah di Jurusan Matematika.

4. Only for Geeks

Banyak orang berpikiran yang namanya matematikawan itu geek, kuper, dan hanya berkutat dengan rumus-rumus dan teorema-teorema. Padahal Matematikawan sama seperti orang kebanyakan. Ada temen saya yang doyan futsal, doyan nge-game, doyan nge-band, yang doyan pacaran juga ada :mrgreen: . Saya sendiri doyan berorganisasi. Jadi jangan kwatir kamu akan tetap normal jika kuliah di Matematika 🙂

***

gambar diambil dari: math.kent.edu
**Ingin mendapatkan kaos unik bertema matematika silahkan kunjungi kaos.ariaturns.com**

About Nursatria

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in dll and tagged , , , . Bookmark the permalink.

73 Responses to 4 mitos jurusan matematika

  1. illiyintasnim says:

    saya mulai tertarik pada jurusan matematika..

  2. zahrotul aulia says:

    yang dari uin jakarta ada nggak? kalo ada email-nya dong, mau sharing” nih

Silahkan, tinggalkan komentar