Digit Terakhir

Tentukan digit terakhir dari \sum_{n=1}^{100}n!

Tentu akan menghabiskan banyak waktu jika kita menghitunggnya secara manual. Nah…yang perlu diperhatikan bahwa untuk 5 maka n! memiliki faktor 2 dan 5 dengan kata lain kelipatan dari 10, itu artinya digit terakhirnya nol. Jadi untuk menjawab soal diatas kita cukup menghitung 1! + 2! + 3! + 4! = 33. Jawabannya adalah 3.

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in kalkulus and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Digit Terakhir

  1. rharyadiblog says:

    ngomong2 digit terakhir saya ada teka-teki nih pak, barangkali bisa memecahkan. pertama asumsikan dulu manusia sudah mampu membuat komputer yang super cepat dan super powerful pokoknya.
    Nah komputer itu disuruh menghitung digit2 di bilangan pi. Tapi dengan algoritma aneh yg sedemikian rupa sehingga timingnya seperti ini. Untuk mencari digit pertama, dia mengambil waktu setengah menit, digit kedua dalam waktu 1/4 menit, digit ketiga perlu 1/8 menit, dst.
    Oke digit bilangan pi itu tidak terhingga, begitu juga deret 1/2, 1/4, 1/8 dst. Tapi kita tau jumlah deret itu terhingga = 1.
    Jadi apakah dalam waktu satu menit, komputer itu mampu menemukan digit terakhir dari dari pi? Hehehe, paradox kan jadinya?

    • rharyadiblog says:

      atau kalo ngga nyaman sama imajinasi komputer itu boleh diganti tukang sihir, malaikat, raja jin, tuhan atau apapun yang punya kemampuan super dlm menghitung. matematika ngga harus dibatasi sama dunia real kan?

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s