Konsep Dasar Penjumlahan dan Perkalian

3 Apel + 4 Jeruk = …can-stock-photo_csp0866279

Soal diatas saya berikan kepada murid-murid saya. Saya ingin tahu apakah mereka masih paham konsep dasar penjumlahan atau tidak. Ah… sayangnya mayoritas kebingungan menjawab soal diatas 😦 . Jika kamu juga bingung menjawab soal diatas, mari saya jelaskan.

Dalam penjumlahan kita hanya bisa menjumlahkan hal-hal yang sama atau sejenis

3 Apel + 4 Apel = 7 Apel

4 Kucing + 5 Kucing = 9 Kucing

Kita tidak bisa menjumlahkan hal-hal berbeda seperti soal di atas kecuali dicari kesamaannya.

3 Apel + 4 Jeruk = 9 Buah-buahan

6 Anjing + 4 Kucing = 10 hewan Peliharaan

4 Pinsil + 6 Pulpen = 10 Alat tulis

Sekarang bagaimana dengan perkalian

3 Apel × 4 Jeruk = …

Sebaliknya perkalian tidak peduli dengan itu semua. Dalam perkalian semuanya dikalikan

3 Apel × 4 Jeruk = 12 Apel·Jeruk

4 Kucing × 5 Anjing = 20 Kucing·Anjing

4 Apel × 5 Apel = 20 Apel²

3 Kucing × 7 Kucing = 21 Kucing²

Nah.. itu tadi konsep dasar penjumlahan dan perkalian. Jangan sampai lupa yach 🙂

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Teori Bilangan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

22 Responses to Konsep Dasar Penjumlahan dan Perkalian

  1. Agnes Ellena Christy says:

    Tpi Pa klo misalkan soalnya 2mangga+2jeruk+1jus+3sari apel hasilnya gmn😂Klo di kaliin kan bisa lah klo itu sya bingung deh,tpi bagus pa bermanfaaat jdi ngerti basic dlm berhitung

  2. Nansih Purwanti says:

    web ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas pak

  3. Christoffel Warnaly says:

    Terima kasih pak atas infonya. Sekarang saya jadi tau tentang konsep dasar penjumlahan dan perkalian.

  4. Dave Hedgar Nusapitu says:

    Wah keren pak infonya,saya jadi ingat konsep dasar penjumlahan dan perkalian

  5. Will says:

    Bener juga comentar yang di bawah . . Jadinya berapa ya pak ?

  6. Liyenka Belusi Tantra says:

    Kalo 3 apel x 4 jeruk = 12 apel jeruk.
    Kalo 2 apel x 3 mangga x 5 jeruk + 2 durian + 10 anggur = apa pak?
    Hehehehhe😅

  7. David Herianto says:

    Bagus sekali infonya pak, penyajian konsep dasar perkalian dan penjumlahan yang unik memberi nilai lebih sendiri untuk pembaca

  8. alvin darmawan says:

    gila keren abis asliii, jadi jago berimajinasi saya pak lamalama

  9. Aldo Renaldi says:

    Widihhh keren ini pakkk, konsep yang kayak gini gini bikin saya jadi tambah ngerti masalah penjumlahan dan perkalian ini jadi ga sering ketuker pa hehehd

  10. Andrea Felita says:

    Wah, lucu ya pak. Saya ga pernah denger ada soal seperti ini. Terima kasih infonya pak☺

  11. Sheren Amelia says:

    Wah lucunya saya baru tau pak jahaha

  12. aryasuta andhikacipta says:

    Iyah sih bener juga wkwkwkwk baru.kepikiran

  13. Dyvictory says:

    Oalaaah iya iya ngerti pak, lagi lagi bicara soal konsep, saya adalah tipe yang suka “menghajar” mengerjakan soal, yang penting selesai, urusan ngerti ini dari mana itu dari mana belakangan. Sekarang saya sadar harus belajar mengerti konsep dulu baru bisa ngerti gimana dapat ini gimana dapat itu.

  14. M.iqbal.W says:

    keren pak

  15. clarisanathania says:

    Siap pak!

  16. ricky suhandy says:

    ok pak, ga bakal lupa

  17. Olga Naomi M. C. says:

    Siaap pak! Pasti nggak lupa. 🙂

  18. Arvin Belva Farchan says:

    Ok pa

  19. divie aurelia says:

    wih pa keren bgttttt

  20. Matematicat says:

    3x + 4y = 7z
    3x . 4y = 12xy

    Gitu?

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s