Review BSE matematika kelas X kurikulum 2013

Sumber: choirulmahfud.blogspot.com/

Sumber: choirulmahfud.blogspot.com/

Di Facebook, seorang sahabat memberikan tautan untuk mengunduh BSE (Buku Sekolah Elektronik) matematika kelas 10 kurikulum 2013, kurikulum terbaru saat ini. Jika kalian ingin mengunduhnya silahkan klik di sini.

Sekarang saya akan mereview bse ini.

Gaya Bahasa

Pertama-tama saya akan mengomentari gaya bahasanya. Saya melihat gaya bahasa yang digunakan di buku ini lebih bersahabat, memposisikan diri sebagai sahabat kepada siswa. menggunakan kata ganti orang kedua: Kamu. Bandingkan dengan bse matematika kelas 10 kurikulum sebelumnya yang menggunakan kata ganti orang kedua: Anda, yang terkesan kaku dan formal. Semoga aja dengan gaya bahasa yang bersahabat ini  siswa jadi lebih mudah dalam menangkap materi.

BAB

Ada 12 bab yaitu:

  1. Eksponen dan Logaritma
  2. Persamaan dan Pertidaksamaan Linier ..
  3. Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier
  4. Matriks
  5. Relasi dan Fungsi
  6. Barisan dan Deret
  7. Persamaan dan Fungsi Kuadrat
  8. Trigonometri
  9. Geometri
  10. Limit Fungsi
  11. Statistika
  12. Peluang

Jauh lebih banyak dari kurikulum kemarin yang hanya 7 bab. Jika 1 semester itu efetif hanya 4,5 bulan berarti dalam waktu sebulan siswa harus mempelajari 1-2 bab. Weew..apa tidak mabuk mereka?

KD (Kompetensi Dasar)

Setiap bab dari buku ini selalu dimulai dengan mencantumkan KDnya. Contohnya KD bab 4 Matriks.

KD bab 4 matriks

Sekarang perhatikan point 1-3 KD diatas. Ada yang bisa jelasin ke saya hubungan mempelajari Matriks dengan sikap disiplin, tanggung jawab, atau peduli lingkungan? Apa hubungannya matriks dengan sikap toleransi terhadap perbedaan?

Boleh dibilang KD dari bab-bab yang lainya 11-12 dengan KD bab 4 ini.

Aplikasi / Terapan

BSE ini jauh lebih banyak penjelasan aplikasi / terapan dari mater-meteri didalamnya, jika kita badingkan dengan BSE kurikulum kemarin yang hanya secuil. Boleh dibilang setiap konsep matematis di BSE ini dilengkapi dengan penjelasan aplikasinya di dunia nyata. Menurut saya ini hal yang bagus karena ketika mempelajari matematika, orang sering bertanya-tanya

Apa aplikasinya? Apa terapannya?

Apkah ini artinya BSE ini mererapkan Pendidikan Matematika Realistik? Yang dari pendidkan matematika, silahkan jawab.

Soal-Soalnya susah

Jika tidak percaya, lihat saja sendiri:

Gimana susah bukan?

Gimana susah bukan?

Ada soal OSN

Ada soal OSN

Mengingatkan saya dengan soal Aljabar Linier ketika kuliah dulu

Mengingatkan saya dengan soal Aljabar Linier ketika kuliah dulu

Soal pembuktian

pembuktian

Ada cukup banyak soal-soal pembuktian di BSE ini tetapi lucunya tidak ada materi pembuktian. Ada cara, ada aturan bagaimana membuktikan pernyataan matematis. Siswa diberikan soal pembuktian tanpa diajari cara pembuktian. Bagaikan orang disuruh berenang di laut tanpa diajari berenang. Ya.. mati tenggelam. Atau jangan-jangan di kurikulum 2013, materi pembuktian sudah diajari di tingkat SMP?

Salah tulis

radian

radian2

Berdasarkan definisi radian maka \neq haruslah ditulis \pi

***

Kesimpulan:

Dengan KD yang membingungkan, materi yang banyak dan soal-soal teramat susah, saya berpendapat BSE masih butuh banyak perbaikan  supaya bisa dipakai di SMA-SMA di negeri ini. Katanya kurikulum 2013 lebih baik dari kurikulum sebelumnya tetapi melihat BSE ini sepertinya kurikulum sebelumnya yang lebih baik.

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

68 Responses to Review BSE matematika kelas X kurikulum 2013

  1. saya mau curhat ni, dulu smp saya suka banget sma ilmu2 eksakta. (ex: mat, fisika) terutama matik. tapi gatau knp setelah saya naik SMA dan kurikulum berubah, saya jadi kehilangan semangat belajar. UTS mat cuman dapet B-, padahal UN smp mat saya dapet 10 (bukannya sombong). saya jadi bingung apa ada yg salah dengan diri saya, atau ada yg salah dengan…

  2. Anonymous says:

    murid2nya udh dsuruh evaluasi kook kurikulum ini, mayoritas menjawab ingin balik ke ktsp lama, semoga saja, saya salah satu muridnya hehe

  3. esaputridinanti says:

    saya mengajar seorang anak di tempat les kelas x sma yang mamakai kurikulum 2013, setiap soal yang saya berikan anak tersebut terlihat bingung, padahal anak tersebut merupakan anak yang pintar,,, ironis kan?? materi yang biasanya dipelajari dikelas 11 dan 12 sudah dipelajari di kelas di kelas 10. yah lumayan membuat anak2 tersebut kalang kabut,,,

  4. malah, guru ane namanya pak Usman007, udah hampir pensiun orangnya. gak kompeten banget ngajarnya… materi yg terserap ke otak 0 % dah !! … harus cari bimbel nih pokoknya T,T

  5. audi hanafi says:

    saya tidak suka kurikulum 2013, karena matematika butuh penjelasan disertai praktek bukan cuma baca caranya dari buku, udh bukunya susah di mengerti

  6. yola says:

    Menurut saya, kurikulum 2013 ini mengajarkan siswa (termasuk saya) untuk lebih aktif dalam proses belajar, mencari materi lebih, dan berusaha lebih. Sedangkan guru hanya sebagai sarana kalau siswa ada kesusahan dalam proses belajar. -_-

  7. saya adalah pelajar kelas X yang baru saja menerapkan kurikulum 2013… aneh yah. matematika itu kita diajar dikit tapi nyuruh nyari materi di internet. serara ngajarin anak kecil membaca tapi gak diajarin itu huruf apa bacanya kykmn, lucu deh pokoknya. tapi overall menurut saya. tingkat guru yg mengajari murid itu dinaiki lah jadi 40%, jngn cuman 20%. mau belajar apa kami ini. jangan salahkan kami jika kami tidak mencapai 2.66

  8. exsa1234 says:

    jgffhg

  9. exsa1234 says:

    eheemm

  10. Erfan Riyadi says:

    kasihan saja sama siswa yang dibuat ajang uji coba kurikulum no name ini… Dulu ada CBSA, KBK, KTSP. Sekarang kurikulum MN kale ya. Mohammad Nuh. Padahal dalm hal guru, skr msh banyak guru yg tidak lulus diklat, apalagi mau pake’ kurikulum MN ini??? Aoleng.

  11. Ngurah says:

    seharusnya gurunya diberikan teorinya, atau diberikan buku penyelesaiannya dulu

  12. kecot says:

    memang betul kurikulum 2013 sulit, pelajaran kelas XII udah diajari dikelas X, soal2na sekelas OSN alias olympiade, pelajar jadi stress

  13. liat halaman 57 uji kompetensi 2.1 no.1
    masak disuruh menghitung umur yg berkurang… umur kan urusan Yg diatas…
    aneh bgt soalnya…

  14. santiya yulianti says:

    kurikulum 2013 itu siswa udah kaya robot aja udah kaya kerja rodi aja,waktu itu lebih banyk di sekolah dari pada di rumah,kami juga butuh istirahat,kami lelah dengan semua ini,ketika kami smp paket un kami 20 dan menggunakan barcode,sekarang kami menggunakan kurikulum2013 yang belum jelas,kami merasa sudah seperti kelinci percobaan,kenapa harus menggunakan kurikulum 2013 bila belum jelas?kami sangat lelah dengan semua ini

  15. nuraini says:

    beneran susah .. biasanya kalau soal-soal yang tahun kemarin prnya bisa aku kerjain .. sekarang mah udah bener2 ngga bisa.. ='(

  16. erlenza says:

    Buku yang disediakan pemerintah (BSE) memuat soal-soal yang cukup tinggi. Bahkan mungkin gurunya saja belum tentu bisa menyelesaikanya.

  17. erlenza says:

    Sekolah saya merupakan salah satu sekolah sasaran implementasi kurikulum 2013. Setelah saya mengikuti Diklat Implemtasi Kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh kemendikbud. Salah satu tantangan implentasi kurikulum 2013 ini adalah bagaimana merancang Kegiatan Belajar Mengajar dimana guru tidak lagi mendominasi kelas (dengan metode ceramah). Salah satu Rencana Pembelajaran dan Pembelajaran (RPP) yang saya buat dalam pelatihan tersebut http://rleni.wordpress.com/2013/07/25/2035/

  18. mademathika says:

    hal yang tidak mungkin!
    materi yang begitu banyak diselesaikan dalam waktu 1 semester. yang nyusun bukunya pasti kecerdasanya sangat tinggi. tapi blum tau kenyataan di lapangan

  19. ari says:

    emang susah kok, aku salah satu korban dari kurikulum 2013

  20. ghofar says:

    kalian itu jangan menyebutkan kalau itu susah dulu, kenapa coba kalian menyebutkan kalau itu susah? karena kalian belum mempelajari materi tersebut! kalau kalian juga dah mempelajarinya juga ngerti

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s