Matematika dan Statistika, serupa tapi tak sama

Di UGM dan di beberapa PT lainnya seperti IPB, Program studi (atau bisa disebut juga jurusan) Statistika terpisah, berbeda dengan Program Studi Matematika. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan seorang kawan:

Apa bedanya statiistika dengan Matematika?

Sepertinya banyak orang pula yang bertanya-tanya hal tersebut. Sampai saat ini masih terjadi silang perdapat apakah Statistika merupakah cabang dari Matematika ataukah merupakan Ilmu yang berbeda dari Matematika. Kalau kita lihat di Amrik sono, Matematikawan dan Statistikawan mempunyai wadah masing-masing, ada MAA (Mathematical Association of America) untuk matematikawan, ada ASA (American Statistical  Association) untuk Statistikawan.

Nah..sekarang mari  kita lihat objek studi dari Matematika dan Statistika,

Saya sering berkata bahwa objek dari matematika adalah konsep-konsep abstrak yang ada dikepala kita, sedangkan statistika menurut wikipedia adalah:

Statistics is the science of the collection, organization, and interpretation of data

Ada satu kata yang bisa kita garis bawahi yaitu: Data. Jadi Statistika berurusan dengan mengumpulkan, menganalisa dan menginterprestasi data. Tentu saja alat untuk melakukan hal tersebut (mengumpulkan, menganalisa dan menginterprestasi data) adalah matematika. Nah..dari sudut pandang ini terlihat Matematika dan Statistik adalah 2 ilmu yang berbeda karena mempunyai objek study yang berbeda.

Nah..kalau begitu apakah seorang Statistikawan hanya berkutat, hanya ngurusi data? Oh..tidak mereka tidak fokus ama data tetapi mereka justru fokus ama alatnya, alat untuk  mengumpulkan, menganalisa dan menginterprestasi data. Para Statistikawan bertugas untuk mempelajari dan mengembangkan alat tersebut. Seperti yang sudah saya katakan alat tersebut adalah matematika. Oleh karena itu bisa dikatakan Statistika adalah cabang dari Matematika yang bertugas untuk merumuskan, merangkai bahasa Matematis menjadi alat pengolah data.

Nah..jadi Matematika dan Statistika mempunyai bahasa yang sama yaitu bahasa simbol dan logika, bedanya statistika topiknya adalah data sedangkan matematika topiknya adalah bahasa simbol dan logika itu sendiri.

Dengan kata lain Matematika dan Statistika, serupa tapi tak sama.

 

———————————————————————————————————————————————-

**Ingin mendapatkan kaos unik bertema matematika silahkan kunjungi kaos.ariaturns.com**

 

 

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in dll and tagged , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Matematika dan Statistika, serupa tapi tak sama

  1. kalau ingin jadi guru pembimbing olimpiade matematika merangkap programmer, kira- kira lebih cocok kuliah jurusan matematika atau statistika? Mohon jawabannya.. Terimakasih..

  2. Pingback: Matematika juga bisa seksi juga kan? - Info - Artikel Unik, Lucu, dan Menarik

  3. Pingback: Tweets that mention Matematika dan Statistika, serupa tapi tak sama « Proof { } -- Topsy.com

  4. Bro Neo says:

    matematika y= f(x)
    statistika y= f(x) + error

    salam,

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s