Masalah Brocard

Saya punya soal buat kalian.

Cari pasangan bilangan asli n dan m yang memenuhi persamaan

n!+1=m^2

Sampai detik ini hanya ditemukan 3 pasangan bilangan asli yang memenuhi persamaan diatas yaitu (4,5), (5,11), dan (7,71).

Nah..yang jadi pertanyaan

Apakah hanya terdapat 3 pasangan atau ada pasangan bilangan asli lain yang mememenuhi persamaan diatas?

Percaya atau tidak sampai detik ini tidak ada satupun matematikawan yang mampu menjawab pertanyaan diatas. Dengan bantuan komputer diketahui sampai n=10^9  tidak ditemukan solusi selain 3 pasangan tersebut. Nah..bagaimana kalaian mau menjawab pertanyaan diatas, jika kalian mampu menjawabnya, saya yakin kalian akan mendapat penghargaan matematika tinggkat Internasional. Masalah diatas dikenal dengan nama Masalah Brocard karena dilontarkan oleh matematikawan Henri Brocard pada tahun 1876.

———————————————————————————————————————————————-
**Ingin mendapatkan kaos unik bertema matematika silahkan kunjungi kaos.ariaturns.com**
Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Teori Bilangan and tagged , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Masalah Brocard

  1. muslimtolol says:

    Saya meyakini masalah brocard yg jawabannya (kemungkinan) cuma 3 pasang itu merupakan “peristiwa kebetulan saja” (seperti keunikan bumi ini). Di antara sekian banyak planet dari berbagai tata surya mungkin hanya bumi yg dihuni makhluk hidup (karena sampai saat ini belum ditemukan planet lain yg sama persis kondisinya dengan bumi). Keunikan bumi ini bisa jadi sama halnya dengan n!=n2 (baca: n faktorial sama dengan n kuadrat), n = bilangan asli. Kedua2nya punya jawaban (kemungkinan) tunggal.
    Sebagai tambahan untuk kasus yg lain n!+n=n2 (baca: n faktorial plus n sama dengan n kuadrat), n = bilangan asli, punya jawaban (kemungkinan) seperti slogan KELUARGA BERENCANA (zaman suharto). Bagaimana Bung Aria… apakah layak dapat……??????

  2. Anwar M says:

    Manfaatnya pasti ada, Setidaknya untuk senam Otak, hehe.

  3. eem says:

    Hm….masalah yg simple dg jawaban susah. Buat saya, teori bilangan membuat qta jadi kreatif dan dpt dipelajari sebelum kuliah, karena qta pertama kali (saat sd) telah dikenalkan dg bilangan 😀

  4. Herry Pribawanto S says:

    Wah seru juga nih, kalau boleh tahu pak/mas Anton kenapa muak/benci sekali dgn teori bilangan?

    Dari tulisannya di atas sy menemukan :
    “Saya kesal dengan teori bilangan (TB) karena kontribusinya di dunia nyata sulit ditangkap”.
    atau ada alasan lain?

    Mnrt sy sih topologi, analisis fungsional, teori modul, dsb kontribusinya di dunia nyata lebih sulit ditangkap…

    Tapi terlepas dr hal itu, sy kira matematika itu bs diibaratkan makanan, ada yg kita suka ada yg kita tdk suka, jd tentu bebas memilih mana yg disukai utk dimakan. Sy sendiri bukan penggemar teori bilangan, jd kalau wajib dimakan ya sy makan, kalau tdk wajib ya tdk sy makan… =D

  5. Anton says:

    Saya kan udah bilang bahwa saya tahu bahwa sebagian dari teori bilangan sudah bisa kita rasakan manfaatnya sekarang. Tapi, tetap aja saya udah muak dengan teori bilangan.

  6. Zanra_GTG says:

    wah berarti untuk menemukannya harus mencari 10^9 + 1 sampai tak terhingga,,, (kan udah dicari sampai 10^9 dan belum ketemu juga),,,, klo begini sich sangat susah menentukan polanya, sama seperti mencari pola bilangan prima

  7. Anton says:

    Jujur aja, ketika ngbaca tulisan ini saya udah nggak tertarik lagi dengan masalah-masalah yang beginian. Bull shit!! Omong kosong!! Saya benci dengan masalah-masalah terbuka dalam teori bilangan yang gak ada manfaatnya. Saya tidak menyalahkan tulisan kamu, hanya saya benci dengan masalah terbuka seperti ini.

    Dulu saya salah satu penggemar berat teori bilangan di bandingkan cabang-cabang matematika lainnya.Tapi saat ini saya sudah muak dengan teori bilangan meskipun saya tahu matematika sudah jauh berkembang karena adanya teori bilangan. Dan lewat teori bilangan kita sudah merasakan manfaatnya. Tapi tetap saja teori bilangan bagi saya BULLSHIT-nya matematika.

    Saya kesal dengan teori bilangan (TB) karena kontribusinya di dunia nyata sulit ditangkap. Lebih baik belajar kalkulus, pemograman, dan lain sebagainya. Saya tahu pasti kamu(Aria) atau pembaca lain yang membaca komen saya ini bakal menganggap saya idiot. Terserah!!! Andai saya jadi presiden RI, program pertama saya adalah ” Saya akan melarang matematikawan indonesia menyelesaikan permasalahan terbuka dalam TB”. Baru setelah itu saya bicara program pembangunan. Paling tidak matematikawan diharamkan menyelesaikan Goldbach conjecture, Twin Prime conjecture, Sophie Germain Prime Number, Brocard Problem, abc conjecture, ahhhhhhhh……masih banyak lagi pokoknya. Tapi bukan berarti setiap conjecture dan permasalahn terbuka/belum ada jawabannya menjadi haram. Hanya sebagian yang saya haramkan.

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s