Harun Yahya asbun

Entah mengapa tulisan saya yang mengkritik Harun Yahya kembali memanas, kembali dipenuhi debat-debat tajam. Padahal tulisan itu sudah cukup lama, saya tulis sebelum lebaran tahun lalu. Hal itu membuat saya kembali membaca buku Harun Yahya, dan ternyata Harun Yahya kembali membuat saya geleng-geleng kepala. Pada buku The Evolution Impasse I dia mengatakan

In mathematics, Probabilities less than 1 in 10^{50} are regarded as essentially zero

(hal 17 versi doc atau hal 32 versi pdf). Silahkan anda baca semua literatur teori probabilitas, saya jamin tidak ada satupun yang berkata demikian. Jelas Harun Yahya Asbun (Asal Bunyi) dan dia tidak memahami probabilitas.

Dalam matematika, probabilitas adalah rasio jumlah kejadian yang kita inginkan dengan total semua kejadian yang mungkin terjadi. Probabilitas bernilai 1 artinya jumlah kejadian yang kita inginkan = total semua kejadian yang mungkin terjadi. Probabilitas bernilai 0 artinya  jumlah kejadian yang kita inginkan = 0.

Contoh

Hitung probabilitas munculnya mata dadu genap, jika kita melempar sebuah dadu.

Pertama-tama kita harus melihat semua kejadian yang mungkin terjadi jika kita melempar sebuah dadu. Yang akan terjadi jika kita melempar dadu adalah sebagai berikut:

  1. muncul mata dadu 1
  2. muncul mata dadu 2
  3. muncul mata dadu 3
  4. muncul mata dadu 4
  5. muncul mata dadu 5
  6. muncul mata dadu 6

semuanya 6 kejadian yang mungkin dan 3 kejadian yang kita inginkan (munculnya mata dadu genap). Diperoleh probabilitas munculnya mata dadu genap adalah 3/6 = 1/2.

Probabilitas 1 banding 10^{50} artinya kita mendapatkan 1 kejadian yang kita inginkan dari 10^{50} kejadian yang  mungkin terjadi. Kita masih bisa mendapatkan 1 kejadian yang kita inginkan, jadi  probabilitas 1 banding 10^{50} tidak bisa dianggap sama saja dengan probabilitas nol. Bahkan probabilitas 1 banding 10^{50000000000000000000000000000} sekalipun tidak bisa dianggap sama saja dengan probabilitas nol

———————————————————————————————————————————————-
**Ingin mendapatkan kaos unik bertema matematika silahkan kunjungi kaos.ariaturns.com**



About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in probabilitas and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

33 Responses to Harun Yahya asbun

  1. Padrul Jana says:

    Kayaknya menghakimi orang asbun enak dan segampang itu ya???
    BISA JADI dalam tulisan In mathematics, Probabilities less than 1 in 10^{50} are regarded as essentially zero ada penjelasan yang belum anda tau, yang mungkin bisa anda tanyakan dan debat dengan penulisnya.
    Baru bukunya saja sudah berani menghakimi asbun, anda keterlaluan menurut saya.
    LALU APA KARYA ANDA SELAMA INI YANG BISA DI SUMBANGKAN UNTUK MANUSIA??
    ATAU TULISAN APA YANG ANDA BUAT MELEBIHI ORANG YANG BILANG ASBUN?
    kalopun memang betul-betul kenyataanya Harun Yahya betul-betul tidak paham probabilitas, janganlah langsung men-cap asbun. mungkin ada penjelasan lain yang anda belum tau.
    alih-alih membuat karya atau sumbangan pemikiran malah sibuk menghakimi orang lain.
    dengan men-cap Harun Yahya Asbun, bukan berarti anda tidak asbun loh….
    seperti tulisan anda Untuk membuktikan kita bersih bukan dengan cara menunjukkan mereka kotor.
    Anda Pintar, tapi dalam beberapa hal anda sok pintar. mohon maaf sebelumnya

    Oke, terimakasih

  2. Aria Turns says:

    maaf saya kurang kompeten untuk menjawabnya

  3. aab says:

    hehe
    nice forum,.

  4. Evolusionis Muslim says:

    iman itu keyakinan kepada TUHAN, tidak ada hubungan dengan LOGIKA/SAINS. kalimat ini bisa berarti, segala sesuatu bahkan yang tidak logis sekalipun WAJIB DIPERCAYA atas dasar iman. saya ingat ada ayat Al Quraan yang menyatakan “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” [QS Ali ‘Imran 3:190-191]

    di sini dengan jelas dinyatakan, bahwa ORANG YANG BERAKAL (MEMAKAI LOGIKA/RASIO) adalah mereka YANG MENGINGAT ALLAH SAMBIL BERDIRI ATAU DUDUK ATAU BERBARING DAN MEMIKIRKAN PENCIPTAAN LANGIT DAN BUMI. lalu konklusinya adalah doa orang berakal itu MAA KHOLAQTA HADZAA BATHILLA (tidak ada yang Allah ciptakan dengan sia-sia). jika disamakan mengingat Allah adalah IMAN maka Al Quraan menyatakan salah satu ciri orang beriman adalah memakai akalnya untuk memikirkan segala ciptaan Allah dan berkesimpulan bahwa segala sesuatu diciptakan Allah dengan tujuan yang spesifik bukan untuk main-main atau sekedar trial and error.

    jadi tidaklah tepat (kalau tidak bisa dikatakan salah) jika IMAN itu terlepas dari LOGIKA (PIKIRAN/AKAL) atau AGAMA itu BUKAN SAINS/ILMU PENGETAHUAN. bahkan ISLAM menyuruh pengikutnya menggunakan AKAL sebagai sebab MENGENAL DAN MENGINGAT TUHANNYA.

    lalu apakah HARUN YAHYA keliru? bisa jadi. tapi SAYA SANGAT TIDAK SETUJU kalau KEKELIRUAN HARUN YAHYA JUSTRU DILIHAT DARI KEIMANANNYA dan bukan dari sisi SAINS. berdasarkan ayat di atas, siapapun yang menggunakan akal untuk mengingat tuhannya tidaklah bisa dikatakan salah. DAN DARI SEMUA KARYA HARUN YAHYA, isinya adalah membantah teori-teori ilmuwan lain (khususnya Darwin) dengan mengajak orang menggunakan akal untuk mengenal Allah.

    menurut saya, dari sisi keimanan tidak ada yang salah dari semua karyanya. namun dari sisi sains, saya ragu-ragu bahwa tujuannya sudah tercapai: meruntuhkan teori evolusi. dan kaidah dalam sains, suatu teori HARUS DIBANTAH dengan teori lain yang sudah dibuktikan oleh semua ilmuwan baik yang mendukung apalagi yang membantah.

    kalau teori Evolusi (semuanya) dinyatakan salah, mana teori penggantinya dan apa buktinya? tunjukkan dan baru bicara. bicara pun tidak sekedar di blog, melainkan JURNAL INTERNASIONAL YANG DIAKUI OLEH ILMUWAN DI SELURUH DUNIA.

    wallahu ‘alam

  5. Uha says:

    Wah rame bener… komentarnya jangan panjang2 dong biar tertarik bwt bacanya..

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s