Penjelasan sederhana membagi dengan nol

Tadi sore saya ke Warung deket kost, si ibu pemilik warung tahu kalau saya ini matematikawan , terjadilah percakapan sebagai berikut:

Ibu: Mas, s Rini nanya kenapa angka ndak bisa dibagi ama nol, wah..aku ndak ngerti e mas, mas tau ndak?

Saya: Mmm…gini yach bu, misalkan nich kita punya satu apel, kita bisa memotongnya jadi 2,3,4, bagian ya kan? tapi bisa gak kita potong jadi nol bagian?

Ibu: (Terdiam cukup lama kemudian menggeleng) ya..ndak bisa kan, mas?

Saya: Ya emang gak bisa bu, nah kalo 5 apel, bisa gak kita potong 5 apel jadi nol bagian?

Ibu: Ndak bisa juga kan mas

Saya: (sambil mengangguk) Nah..sekarang ibu ngerti kan kenapa kita gak bisa membagi dengan nol?

Ibu: O..gitu to mas, Wah…mas ini pinter banget yach

Saya: Wah..sudah jelas dong bu, saya ini pinter banget

Note:

Rini itu putrinya si ibu yang masih SD

 

———————————————————————————————————————————————-
**Ingin mendapatkan kaos unik bertema matematika silahkan kunjungi kaos.ariaturns.com**
Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Teori Bilangan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Penjelasan sederhana membagi dengan nol

  1. greenleaves says:

    lebih baik dimakan saja apelnya, susah2 amat to …kekeke

  2. Aria Turns says:

    @bujanglahat
    salam kenal juga mas

  3. bujanglahat says:

    hehehe… kasian banget tuh apel, dipotong2 🙂

    salam kenal mas dari penghuni Bumi Seganti Setungguan 🙂

  4. Yari NK says:

    Daripada repot2 kita potong jadi e bagian aja! 😀

  5. Aria Turns says:

    @watcmath
    Gimana kalo kita potong menjadi i bagian 🙂

  6. watchmath says:

    Bisa gak ya apel di potong menjadi \pi bagian :).

Leave a Reply to Yari NK Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s