Tidak ada penyelesaiannya

Entah kenapa saat ini saya teringat pepatah “anjing menggonggong, kafilah berlalau”. Saya ngerasa saat ini ada anjing yang menggonggong pada saya, tapi wtf, i don’t care

Okey kali ini mencoba menjawab pertanyaan dari seseorang bernama Lilia

Dik… boleh dong minta bantuannya?
Bagaimana yah menyelesaikan persamaan aljabar ini…
x4 + 2 x3 + 3 x2 + 2 x + 1

mmm..mungkin yang dia maksud adalah x4 + 2 x3 + 3 x2 + 2 x + 1=0, dia lupa menuliskan “=0” disisi kanan persamaan.

Ini materi sma yach? Jujur saya udah lupa bagaimana cara mencari akar polinomial bisa saja menggunakan metode yang lebih advance dengan menggunakan gauss lemma pada aljabar abstrak. nah kalo cara yang satu ini, saya gak lupa cuman kurang paham :mrgreen:

Tapi saya ngerasa persamaan tersebut tidak mempunyai penyelesaian, karena koefisien-koefisien dari persamaan diatas 1,2,3,2,1 FPBnya 1 (FPB (1,2,3,2,1)=1)atau dengan kata lain koefisien-koefisienya relative prima,

Nah..apa dugaan saya benar, kita cek aja pake software maple

tidak-punya-akar

Simbol [] menyakan persamaan tersebut tidak punya penyelesaian. Hore..dugaan saya bener. hehe šŸ˜€

@Lilian

Maaf kalo jawabanya kurang memuaskan, soalnya untuk materi tersebut saya kurang mengusainya.

 

———————————————————————————————————————————————-
**Ingin mendapatkan kaos unik bertema matematika silahkan kunjungi kaos.ariaturns.com**
Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in kalkulus and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

22 Responses to Tidak ada penyelesaiannya

  1. Fendi says:

    mas, kalau aku cari, hasil akarnya hanya -1. jika -1 di substitusikan ke persamaan tersebut menghasilkan 0. jadi itu akar dari persamaan tersebut. jika kita cari dengan newton rhapson, tidak bisa dapat karenax positif semua…..
    tapi akar-akar yang lain aku ndk tau….. mungkin ada akar yang imaginer…..

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s