belajar=gagal

Saya lagi mikirin sebuah joke/humor, yang bunyinya

belajar=tidak gagal

tidak belajar=gagal

belajar+tidak belajar=tidak gagal+gagal

belajar(1+tidak)=gagal(1+tidak)

belajar=gagal

Apa kalian pernah mendengar joke tersebut?

Nah yang jadi pertanyaan saya, apa ada kesalahan matematika dalam humor tersebut?

Nah perhartikan kata “tidak”. Berapa nilai “tidak”? Banya yang bilang “tidak” bernilai -1. kalo gitu diperoleh

belajar=-gagal

-belajar=gagal

belajar-belajar=gagal-gagal

belajar(1-1)=gagal(1-1)

belajar(1-1)=gagal(1-1)/(1-1)

[Pembagian dengan nol..TIDAK BOLEH]

Yup berarti emang ada kesalahan matematika dalam humor tersebut..

eit tapi tunggu dulu, kalo belajar=-gagal maka jika dikasih nilai mutlak diperoleh

|belajar|=|gagal|

atau bisa kita baca

PASTI belajar= PASTI gagal

berarti nilai “tidak” bukan -1.

Kalo “tidak” nilainya 0 gmana?

berarti

belajar=0gagal

belajar=0

Bukan juga ya..

Jadi dimana letak kesalahan matematika-nya?

Atau emang yang namaya humor hanya bisa kita nikmati tanpa perlu dipikirkan

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in dll and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to belajar=gagal

  1. denny says:

    aduuuhhh yang diatas salah..akibat nulis malam” nniihh..hahaha.. jadi malu..
    ini nih kalo dibuktiin pake angka
    -5=-(2+3)
    5=2+3

    -5×5=-(2+3)x2+3
    -25=-25

  2. denny says:

    dasarnya sih ini(kalo dikalikan sama aja hasilnya)
    -5=-(2+3)
    3=2+3

    -5×3=-(2+3)x2+3
    -15=-15

    masih newbie

  3. denny says:

    wahh..coba liat ini

    -belajar=gagal
    belajar= -gagal

    =>-belajar x belajar=gagal x (-gagal)
    =>-belajar=-gagal
    —————————————— : (-1)
    =>belajar = gagal

    tidak belajar=tidak gagal
    belajar=gagal

  4. Aria Turns says:

    @Hendry
    dalam humor tersebut kan diasumsi “belajar”, “gagal”, “tidak” adalah variabel dari bilangan real
    maka bisa kita kenakan operasi2 pada bilangan termasuk opersi mutlak

  5. hendry says:

    Wew. Emanknya aturan negasi dalam logika matematika bisa menggunakan operasi mutlak yach??

    a =~b
    dimutlakkan menjadi
    a = b
    yang jelas salah…

  6. Aria Turns says:

    emmang pak pama pernah nulis kayak gitu? kok saya gak inget yach

  7. itu kasusnya sama kaya yg sering ditulis pak pama deh. aku lupa soal pembuktiannya, yg jelas ngaconya kelihatan banget, yaitu pembagian dengan nol diizinkan.

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s