-1=1

Perhatikan

I)\sqrt{-1}=\sqrt{-1}

II)\sqrt{\frac{-1}{1}}=\sqrt{\frac{1}{-1}}

III)\frac{\sqrt{-1}}{\sqrt{1}}=\frac{\sqrt{1}}{\sqrt{-1}}

kedua ruas dikali \sqrt{-1}\sqrt{1} diperoleh

IV)\sqrt{-1}\sqrt{-1}=\sqrt{1}\sqrt{1}

V)-1=1

Kenapa bisa begitu?

Itu lah sebabnya negatif tidak bisa di akar kan. Jika di akar kan akan muncul kerancuan seperti di atas

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in teka-teki, Teori Bilangan and tagged , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to -1=1

  1. Pingback: -1=1 | Free E-Book

  2. Tututu says:

    Jadi kesimpulan’y?
    Walah,ko sy jd bgg…
    Maap,sy cm mhs (penddkan) mtk tk awal yg sok tau..

  3. Tututu says:

    Lha,itu kata mas sqrt(4)=plus minus 2?
    Sm dgn mngatakan bhwa sqrt(2^2)=plus minus 2?
    Bgg sy…

    • Aria Turns says:

      Wee..sory2 ternyata ada yang salah dengan artikel diatas, udah saya ralat. Thanks banget atas komennya, saya jadi menyadari ada kesalahan di artikel ini padahal ni artikel sudah setahun lebih

  4. Tututu says:

    Mas,bukan’y klo
    sqrt(x^2)=|x| ?

  5. rudi says:

    @ariaturns:
    bener ah rud, gak ada yang salah

    mksd gw yg di koment gw tet, itu tanda tidak sama dengannya tidak kecetak di koment gt..:(

  6. torasham says:

    waduh…salah masuk kamar daku :((

  7. Aria Turns says:

    bener ah rud, gak ada yang salah

  8. rudi says:

    ..tmbahan+ralat šŸ˜›
    baris kedua dan ketiga dari terakhir tu seharusnya ada tanda tidak sama dengan gt…hehe2.pas posting kok tiba2 gk kliatan:)

  9. rudi says:

    …yg proses dari II ke III bos klo gk salah, yang bagian ruas kanan,

    akar(1/(-1)) =(?)=(akar(1))/(akar(-1)) …..?

    misalkan 1 = (akar(-1))/(akar(-1)) ……*

    coba deh yg ruas kanan baris III dikalikan dengan *) diatas:P

    (akar(1))/(akar(-1))
    =(akar(1))/(akar(-1)) . 1
    =(akar(1))/(akar(-1)) . (akar(-1))/(akar(-1))
    =(akar(1)).(akar(-1))/(-1)
    =(+/-)(akar(-1)) / (-1)
    =(-/+)(akar(-1))

    jd mnrut gw akar(1/(-1)) (akar(1))/(akar(-1))
    krn. akar(1/(-1)) (-/+)(akar(-1))

    bner gk bos????

  10. Dino says:

    Wah ini yang beda lagi dengan buku GMAT yang pernah saya baca.. katanya angka minus tidak bisa diakar.. bener gak ya ini?

Leave a Reply to Aria Turns Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s