Penjelasan yang paling sederhana kalau 0/0 hasilnya bukanlah 1

Saya baru aja selesai berdebat dengan seorang pemilik blog disini

Sang Pemilik Blog berkeyakinan bahwa 0/0=1, yang menurut saya hal tersebut keliru/salah

Kenapa

Akan saya jelaskan dengan cara yang paling sederhana tanpa perlu menggunakan kalkulus ataupun analisis real, cukup menggunakan akal sehat.

Jika kita mempunyai 12 apel untuk diberikan kepada 4 orang anak.

Berapa apel yang akan didapet oleh masing2 anak?

Dengan mudah kita akan menjawab 12/4=3 apel, tiap anak akan memperoleh 3 apel.

Nah sekarang…

Kalau kita tidak mempunyai apel (0 apel) dan tidak ada anak yang akan diberikan apel tersebut (0 anak).

Dengan menggunakan pertanyaan yang sama. Berapa apel yang akan didapet oleh masing2 anak? Ini analog dengan pertanyaan berapa 0/0?

Jika kita beranggapan 0/0=1, itu artinya tiap anak akan mendapat 1 apel, padahal anak dan apelnya saja tidak ada, jadi bagaimana mungkin? Itu mustahil.

Dengan penjelasan saya yang paling sederhana ini, mudahan kalian menyadari kenapa 0/0=1 adalah keliru…

 

———————————————————————————————————————————————-
**Ingin mendapatkan kaos unik bertema matematika silahkan kunjungi kaos.ariaturns.com**

Penjelasan sederhana membagi dengan nol

Tadi sore saya ke Warung deket kost, si ibu pemilik warung tahu kalau saya ini matematikawan , terjadilah percakapan sebagai berikut:

Ibu: Mas, s Rini nanya kenapa angka ndak bisa dibagi ama nol, wah..aku ndak ngerti e mas, mas tau ndak?

Saya: Mmm…gini yach bu, misalkan nich kita punya satu apel, kita bisa memotongnya jadi 2,3,4, bagian ya kan? tapi bisa gak kita potong jadi nol bagian?

Ibu: (Terdiam cukup lama kemudian menggeleng) ya..ndak bisa kan, mas?

Saya: Ya emang gak bisa bu, nah kalo 5 apel, bisa gak kita potong 5 apel jadi nol bagian?

Ibu: Ndak bisa juga kan mas

Saya: (sambil mengangguk) Nah..sekarang ibu ngerti kan kenapa kita gak bisa membagi dengan nol?

Ibu: O..gitu to mas, Wah…mas ini pinter banget yach

Saya: Wah..sudah jelas dong bu, saya ini pinter banget

Note:

Rini itu putrinya si ibu yang masih SD

 

———————————————————————————————————————————————-
**Ingin mendapatkan kaos unik bertema matematika silahkan kunjungi kaos.ariaturns.com**