Katanya soal matematika kelas 7 SMP

soal matematika smp

Nemu di Twitter, tepatnya dari akun @wiworomath, dia mengatakan itu adalah latihan di buku matematika kelas 7 SMP kurikulum 2013 dari Kemendikbud. Saya cuman geleng-geleng melihatnya sedangkan Prof Hendra Gunawan ( @hgunawan82 ), Guru besar Matematika ITB  berkomentar

Farah! Kasihan bangsa ini!

Soal-soal tersebut bobotnya sama dengan soal olimpiade matematika. Saya belum mencoba mengerjakannya sich tapi kayaknya saya sendiri belum tentu bisa.

Jika benar latihan tersebut berasal dari buku matematika kelas 7 SMP terbitan Kemendikbud maka ada 2 pertanyaan yang ingin saya tanyakan ke Kemendikbud:

  1. Apakah bijak memberikan soal-soal matematika serumit itu kepada semua siswa kelas 7 SMP di negeri ini?
  2. Apa semua guru matematika SMP sudah siap, sudah capable mengajarkan soal serumit itu?

18 thoughts on “Katanya soal matematika kelas 7 SMP

  1. Iya, aku juga bingung jawabnya. aku pake kurikulum 2013 juga. trus ada soal gini

    “dua bilangan berselisih 25. jika 2 kali bilangan yang besar dikurangi yang kecil adalah 175, tentukanlah bilangan itu!”

    Tolong bantu jawabnya yah… ini tentang persamaan linear 1 variabel

  2. kurikulum 2013 sangat minim kajian yang implementasinya sangat tidak tepat sasaran banyak para pendidik dibuatnya apalagi anak didiknya, ditambah kualitas dan daya serap anak didik ditiap tiap daerah tidak sama yang disebabkan fasilitas dan kemampuan yang berbeda beda. bagaimana mungkin kurikulum 2013 dapat diterapkan dengan baik? RSBI saja gagal dilaksanakan. sekarang ditambah dengan kurikulum 2013 yang tidak matang dipersiapkan. menteri pendidikan harus bertanggung jawab terhadap pelaksanaannya.

  3. memang benar soal tersebut ada dibuku paket SMP kelas 7 kurikulum 2013. sebab sya ngajari les privat dan anak didik saya bertanya soal itu. jujur, sya tidak semua bisa. memang soal tersebut standart olympiade mnurut saya.

  4. saya guru private yang terjebak sama beberapa murid yang terkena kurikulum 2013, mau smp atau sma, ternyata setelah saya bandingkan, matematika bs yg SMP dan bse yang SMA, soal matematika nya banyak yang sama. kacau emang…

    saya jujur mendapatkan kesulitan ketika menerangkan soal2 standar olimpiade san perkuliana pada anak murid yang kemampuan logika nya belum terbentuk, sangat sulit, dan itu dilema saya ketika si murid mempertanyakan kenapa hasil jawaban dgn guru di sekolah berbeda, padahal saya sendiri tau guru matematika di sekolah tidak pernah kasih jalannya, hanya isinya saja (mungkin guru sekolah dikasih jawabannya saja, tanpa jalannya). pdhal jawaban yang saya kasih itu lewat jalan yg lengkap. semua menghasilkan kebuntuan yg luar biasa.

    baru 2 bulan mengajar kurikulum ini, membuat smua nya terasa kaca dgn standar kemampuan siswa, siswa pun merasa stress.

  5. Gila benar ini.
    kalo soal2 smp kayak beginian semua (kategori perkuliahan) atau termasuk standart olimpiade ?
    buat apa susah2 kuliah ?
    hahhaah

  6. Pingback: Ternyata memang benar soal matematika kelas 7 SMP | Proof { }

  7. kalo gtu mulai dari sekarang anak smp harus diajarin kalkulus, anreal sama fungsi kompleks…
    hebat..
    saya aj baru dapet semester 3 waktu kuliah…
    salut..

  8. @Waw and @Rismato: Itu katanya bukua matematika kelas 7 smp Kurikulum 2013, kurikulum yang terbaru. Saya tidak tahu materi math untuk kelas 7 smp di kur 2013 sepreti apa, kayak gimana. Tapi saya melihat soal diatas terlalau rumit untuk kelas 7 smp, apakah materi math kelas 7 smp emang serumit itu? Sekali lagi saya tidak tahu

  9. Uji Kompetensi ini kalau tidak salah adalah soal/materi pengayaan.
    Soal latihan yang sesuai dengan materi ada di halaman sebelumnya…
    CMIIW

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s