Perbedaan antara nol dan Kosong

Dalam kehidupan sehari-hari kita merasa atau berpikiran nol artinya kosong, nol artinya ketidak-adaan. Kosong adalah nol, ketidak-adaan adalah nol. Okey gw sependapat, no problemo.

Dalam matematika nol dan kosong adalah dua hal yang berbeda. Dalam matematika nol adalah angka, nol adalah anggota suatu himpunan dan kosong (dinotasikan dengan simbol \emptyset) menyatakan suatu himpunan tidak mempunyai anggota atau disebut himpunan kosong

Hubungan antara nol dan kosong adalah jumlah anggota( disebut cardinalitas) dari himpunan kosong adalah nol.

Gmana? Bingung hehe.. :mrgreen:

Kita masuk ke contoh ya biar gak bingung.

S=\{-1,0,4,6,11\}

Bisa kita liat himpunan S anggotanya adalah -1, 0, 4,6 dan 11. Jadi nol adalah elemen dari S 0\in S dan banyaknya anggota S adalah 5 dinotasikan |S|=5. Jika kita keluarkan semua anggota S maka S menjadi himpunan kosong dengan kata lain \{ \emptyset\} =S-S. Dan jumlah elemen di himpunan kosong adalah nol |\{ \emptyset\} |=0.

Contoh lain dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan ada  keranjang berisikan 10telur kalau kita keluarkan kesepuluh telur tersebut maka keranjang itu menjadi kosong dan banyaknya telur dikeranjang kosong adalah nol.

Contoh lainnya , “berapa nilai x jika x+10=10?” jelas jawabannya x=0

Tapi jika ditanya “berapa nilai x jika x+5=1 dan x-3=7 ? lo itung ampe botak gakada nilai x yang memenuhi, jadi kita tulis x=\emptyset,

Nah..gmana? udah jelas kan bedanya nol dan kosong dalam matematika

———————————————————————————————————————————————-
**Ingin mendapatkan kaos unik bertema matematika silahkan kunjungi kaos.ariaturns.com**

13 thoughts on “Perbedaan antara nol dan Kosong

  1. Waah keren nih penjelasannya.

    tapi masih bingung dengan kalimat ini nih “banyaknya telur dikeranjang kosong adalah nol” nol ma kosong berarti sama ya kalo dalam kalimat itu

      • Saya pikir nol itu menyatakan nilai telor dalam keranjang, sedangkan kosong itu menyatakan isi ruang keranjang. Kosong itu nol (benda/zat), tapi nol sebenarnya tidak benar benar kosong. Suatu tempat dinyatakan nol karena sebelumnya pernah terisi benda/zat (seperti telur) yang ternilai/terhitung (telurnya nol/ nol telur), sementara suatu tempat dinyatakan kosong karena tidak ada apapun dalam ruangan tersebut entah pernah ada benda atau belum pernah ada sekalipun. Sekian, Terima kasih ^_^

  2. Renyah…,
    …itulah ungkapan yang cocok untuk hidangan yang disodorkan oleh Mas Aria kali ini. (Maksudnya; mudah dimengerti, bukannya saya menganggap matematika = makanan). Ukurannya? Ehmm saya sendiri nggak banyak tahu ttg matematika tapi kok setelah membaca postingan di atas… ahaaa…. jadi nambah lagi deh wawasan. Saya nggak heran kalau beliau ini punya banyak teman ditinjau dari caranya menyajikan matematika.
    Selamat, Mas…, anda layak disebut matematikawan muda Indonesia.

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s