Nol dibagi nol

0/0??

Lagi pengen ngomongin si nol, nich nah sekarang berapa \frac{0}{0} ??

Perhatikan yach

  • \frac{0}{0}=0 karena 0=0 \bullet 0
  • \frac{0}{0}=5 karena 0=0 \bullet 5
  • \frac{0}{0}=-8 karena 0=0 \bullet -8
  • \frac{0}{0}=\pi karena 0=0 \bullet \pi
  • \frac{0}{0}=\frac{1}{5} karena 0=0 \bullet \frac{1}{5}

Nah lho kok, jawabannya ada banyak mana yang bener?

Semuanya benar karna \frac{0}{0} adalah salah satu bentuk indeterminate form, tak tentu, tak pasti artinya ya jawabannya tidak menentu dan tidak pasti

Catetan

untuk kasus \frac{a}{0} dimana a \neq 0 maka hasilnya undefined tidak terdefinisi, kenapa begitu? udah pernah saya bahas
disini

7 thoughts on “Nol dibagi nol

  1. Pingback: Misteri Bilangan Nol | LILIA BELAJAR NGEBLOG

  2. Pingback: Nol dibagi nol | Free E-Book

  3. 0/0 tidak bisa dijawab:
    1. ada hukum yg menyatakan bilangan yg dibagi nol hasilnya tak hingga
    2. ada hukum yg menyatakan nol dibagi bilangan berapa pun hasilnya nol
    3. ada hukum yg menyatakan bahwa bilangan yg dibagi bilangan itu sendiri maka hasilnya sama dengan 1

    0/0 memenuhi semua kriteria diatas (dan itu adalah hal yg tidak boleh terjadi jika suatu bilangan ingin dihitung), karena itu hasilnya bukanlah “undefined” melainkan “Error”

    jika anda tidak percaya ambil kalkulator atau gunakan komputer anda, hasilnya pasti “E” atau error

    dalam programming ini disebut sebagai “Invalid Operation”

  4. Bapak bener gak salah, kita tidak bisa membagi dengan nol, pembagian dengan
    nol adalah undefined, tidak terdefinisikan, tapi jika nol dibagi dirinya sendiri
    0/0 maka itu adalah indeterminate form, hasilnya
    tidak menentu seperti apa yang saya jabarkan diatas

  5. Kok beda dengan apa yang saya baca di buku GMAT saya ya.. Katanya kalo 0-nya jadi denominator (bagian bawah pembagian), maka hasilnya selalu undefined.. Suatu hal gak bisa dibagi dengan nol.. bener gak ya?

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s